JPNN.com

6 Cara Memperlambat Proses Penuaan

Rabu, 19 Desember 2018 – 05:21 WIB 6 Cara Memperlambat Proses Penuaan - JPNN.com

jpnn.com - Penuaan pasti akan dialami oleh semua orang, tanpa terkecuali. Kerutan di wajah, otot mengendur, kehilangan memori, itu semua tidak bisa Anda hindari. Akan tetapi, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat penuaantersebut.

Sebenarnya, hal yang paling ditakutkan dari penuaan adalah ketika ia datang lebih dini. Bayangkan jika Anda masih berusia 30 tahun, tapi sudah muncul banyak kerutan di wajah. Tentunya  semua orang tak ingin mengalami itu.

Faktor-faktor seseorang mengalami penuaan dini ada banyak, bisa dari dalam tubuh sendiri atau lingkungan. “Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini antara lain faktor keturunan, stres, konsumsi alkohol, rokok, asupan nutrisi yang buruk karena kurang sayur dan buah, sering terpapar sinar matahari dan polusi,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Seperti yang disebutkan, datangnya penuaan bisa diperlambat. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar penuaan tidak datang lebih dini:

1. Makan dengan baik

Dalam beberapa dekade terakhir, makanan olahan (processed food) telah menjadi bagian dari hidup manusia. Padahal, sering mengonsumsi makanan olahan dapat membuat organ-organ tubuh Anda terganggu. Jika mereka sudah rusak, berbagai masalah kesehatan yang serius pun mengintai, termasuk penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari penuaan, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Kurangi makanan olahan dan hindari minuman manis. Makanlah lebih banyak buah, sayuran, serat, dan protein tanpa lemak.

2. Jangan merokok

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy