6 Cara Praktis Mempercepat Pemulihan Pascaoperasi

6 Cara Praktis Mempercepat Pemulihan Pascaoperasi
Luka operasi caesar. Foto: ilustrasi

jpnn.com - Apakah Anda baru saja menjalani operasi ? Penting untuk merawat diri Anda sesudah operasi dan membiarkan cukup waktu untuk penyembuhan serta pemulihan yang tepat.

Berikut ini adalah langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat waktu pemulihan Anda dan meningkatkan penyembuhan Anda, seperti dilansir laman Care2.

1. Ikuti Petunjuk Post-Surgical Anda

Jangan coba menebak-nebak keinginan dokter Anda. Ada alasan kuat di balik semua petunjuk yang mereka berikan kepada Anda, meskipun sepertinya hal itu mungkin tidak berlaku bagi Anda. 

2. Perawatan untuk Insisi Anda

Periksa insisi Anda beberapa kali dalam sehari untuk memastikan tidak ada pemisahan, perdarahan atau tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan, pembengkakan atau drainase cairan. 

Gunakan cermin untuk melihat sayatan di lokasi yang sulit dijangkau. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, bicarakan dengan dokter Anda sesegera mungkin atau pergi ke ruang gawat darurat rumah sakit terdekat Anda.

Pembentukan keropeng kering di atas luka benar-benar bisa menghambat pertumbuhan kulit dan kulit baru yang segar. 

Penting untuk merawat diri Anda sesudah operasi dan membiarkan cukup waktu untuk penyembuhan serta pemulihan yang tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News