6 Kiat Agar Anak Tetap Fit Selama Berpuasa

6 Kiat Agar Anak Tetap Fit Selama Berpuasa
Mengajarkan anak berpuasa (Ilustrasi). Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - Di bulan Ramadan ini tak ada salahnya jika Anda ingin mengenalkan puasa Ramadan kepada anak sejak dini. Sebelum mengenalkan anak puasa, sebaiknya beri pengertian kepada anak terlebih dahulu apa itu puasa dan mengapa mereka perlu menjalankannya tiap tahun.

Dalam proses mengenalkan ibadah puasa, tentunya Anda sebagai orang tua membutuhkan kiat tertentu agar anak tetap fit selama berpuasa. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Penuhi kebutuhan kalori harian anak

Usahakan cukupi kebutuhan kalori buah hati Anda saat sahur dan berbuka puasa. Anak yang berusia 5-10 tahun, setidaknya membutuhkan kalori sekitar 1200-1600 kalori per hari. Jumlah ini disesuaikan dengan aktivitas dan jenis kegiatan anak.

Selain itu, pilihlah asupan yang kaya serat seperti sayuran atau buah-buahan serta memiliki indeks glikemik rendah, untuk mempertahankan kadar gula darah anak stabil lebih lama.

2. Beri tambahan suplemen khusus anak

Sebagai asupan untuk daya tahan tubuh anak, beri juga anak asupan vitamin untuk kesehatan dan kecerdasan anak yang kini telah tersedia dalam berbagai rasa buah, misalnya raspberry dan jeruk.

Selain itu, pilihlah yang tidak mengandung gula dan menggunakan pemanis alami, sehingga tidak merusak gigi. Dan jangan lupa, pertimbangkan untuk memberikan suplemen yang mengandung omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anak selama berpuasa.

Dalam proses mengenalkan ibadah puasa, tentunya Anda sebagai orang tua membutuhkan kiat tertentu agar anak tetap fit selama berpuasa.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News