6 Kiat Konsumsi Sushi agar Tetap Aman bagi Kesehatan

6 Kiat Konsumsi Sushi agar Tetap Aman bagi Kesehatan
Sushi dan sashimi di Shangri-La hotel Surabaya. FOTO : Shangri-La

jpnn.com - Bila Anda termasuk peggemar sushi, begini tips konsumsinya agar tetap membawa manfaat sehat dan aman bagi kesehatan tubuh.

Ada yang bilang sushi itu sehat, tetapi ada juga yang berpendapat sebaliknya. Kalau kata dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, sushi bisa baik tapi juga bisa tidak. Hal tersebut bergantung pada komposisi dan cara pengolahan sushi itu sendiri.

"Tergantung dari komposisi dan cara pengolahannya, sushi memang bisa menjadi makanan yang sehat atau justru tidak sehat," ujar dr. Alvin.

Apabila sushi yang dikonsumsi mengandung ikan salmon atau tuna, dr. Alvin mengatakan bahwa makanan ini dapat menjadi lebih sehat. Sebab, keduanya banyak mengandung protein dan omega-3 yang baik bagi kesehatan.

“Jika Anda mengonsumsi menu sushi berbentuk udang yang digoreng, tentu kandungan nutrisinya tidak sebaik ikan salmon atau tuna,” sambung dr. Alvin.

Lantas, bagaimana dengan ikan mentah yang menjadi bahan dasar sushi? Pasalnya, konsumen sulit mengetahui dari mana asalnya ikan atau kualitas bahan yang dipakai, apakah terkontaminasi atau tidak.

Jangan cemas, Anda dapat melakukan langkah-langkah pencegahan dan tips makan sehat di bawah ini:

1. Hanya makan di restoran yang terjamin
Makan ikan mentah dapat menyebabkan bahaya kesehatan, termasuk keracunan makanan oleh bakteri salmonela dan Vibrio vulnificus, serta menelan parasit seperti cacing gelang, cacing pita, dan cacing pipih bersama dengan ikan.

Ada yang bilang sushi itu sehat, tetapi ada juga yang berpendapat sebaliknya. Hal tersebut bergantung pada komposisi dan cara pengolahan sushi itu sendiri.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News