6 Kiat Merawat Rambut Saat Ibadah Haji

6 Kiat Merawat Rambut Saat Ibadah Haji
Jemaah Haji Indonesia. ILUSTRASI. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Cuaca panas di Tanah Suci saat ibadah haji rentan membuat keringat jemaah haji membanjir hingga membuat rambut lembap dan lepek. Perawatan rambut ekstra pun harus dilakukan untuk mengatasi kondisi rambut semacam ini.

Bagi para jemaah wanita perlu kondisi rambut perlu lebih diperhatikan. Menggunakan hijab sepanjang hari juga menambah masalah pada rambut dan kulit kepala. Masalah rambut seperti ketombe serta rambut rontok dan patah pun kerap menghampiri.

Namun, Anda tidak perlu risau. Berikut tips perawatan rambut yang bisa Anda lakukan saat ibadah haji:

1. Biarkan rambut Anda bernapas

Saat di Tanah Suci, Anda biasanya akan mengikat rambut atau menyanggulnya sebelum menutupinya dengan hijab sepanjang hari.  Nah, begitu tiba di penginapan, sebaiknya lepas ikatan rambut Anda agar rambut dan kulit kepala bisa bernapas. 

Jika Anda harus mengenakan hijab di dalam penginapan karena Anda tinggal dengan non-mahram (muhrim), pastikan untuk mengenakan hijab Anda dengan longgar.

2. Sisir rambut sebelum keramas

Menyisir rambut sebelum keramas dapat membantu Anda terhindar dari masalah rambut rontok. Anda juga perlu menyisir rambut Anda setelah selesai keramas dan sebelum menguncir rambut ketika akan memasangkan hijab. 

Perawatan rambut sederhana di atas dapat menjauhkan Anda dari masalah rambut selama ibadah haji. Dengan rambut yang sehat, Anda akan lebih fokus beribadah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News