6 Kiat Supaya Tidak Cedera Saat Jalan Mundur

6 Kiat Supaya Tidak Cedera Saat Jalan Mundur
Jalan kaki. Foto Vemale

jpnn.com - Jalan kaki mundur rupanya mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bahkan, jalan mundur lebih banyak kalori yang terbuang daripada berjalan kaki ke depan.

Meski begitu, Anda tak boleh sembarangan melakukannya karena butuh kehati-hatian untuk jalan mundur supaya tidak cidera. 

Berikut tips pencegahan agar tidak cedera saat jalan mundur:

1. Jika Anda siap untuk memulai melakukan jalan kaki mundur, pikirkan dulu tentang keamanan. Anda harus berlatih berjalan mundur di area yang bebas dari rintangan, seperti pepohonan, batu dan kerikil, serta jalan raya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan potensi cedera.

2. Treadmill

Ini adalah tempat latihan paling aman. Mulailah dari kecepatan lambat. Saat Anda menjadi lebih mahir, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan intensitasnya. Treadmill bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan intensitas berjalan mundur Anda dan mendapatkan manfaat latihan dari latihan berjalan mundur dengan putaran treadmill yang lebih berat.

3. Di dalam ruangan

Anda bisa berlatih di dalam ruangan. Namun, pilih tempat di mana Anda bisa aman berjalan mundur, seperti tidak dekat tangga, furnitur, atau hewan peliharaan yang bisa membuat Anda tersandung. Lorong bisa menjadi pilihan yang baik.

Meski jalan mundur bisa membuang kalori lebih banyak dibanding jalan kaki ke depan, Anda harus berhati-hati saat mencobanya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News