Sabtu, 16 Februari 2019 – 04:47 WIB

Berapa Kali Sebaiknya Berolahraga dalam Seminggu?

Minggu, 10 Februari 2019 – 10:10 WIB
Berapa Kali Sebaiknya Berolahraga dalam Seminggu? - JPNN.COM

jpnn.com - Masyarakat, khususnya di perkotaan, semakin sadar akan pola hidup sehat. Tren ini terlihat dari makin menjamurnya pusat kebugaran, ramainya car free day dengan penggiat olahraga, beragam event olahraga, hingga makin banyaknya pilihan produk dan menu sehat di restoran dan swalayan.

Nah, soal durasi olahraga yang dianjurkan, ini masih simpang siur. Ada yang bilang setiap hari, dua kali, tiga kali, bahkan satu kali seminggu saja sudah cukup. Lalu berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu?

Anda disarankan untuk berolahraga minimal:

1. Selama 150 menit dalam seminggu jika melakukan olahraga kardio intensitas ringan-sedang (5 kali seminggu, 30 menit tiap sesi atau 3 kali seminggu, 1 jam tiap sesi).

2. Selama 75 menit untuk olahraga kardio intensitas berat atau kombinasi antara intensitas sedang dan berat (3 kali seminggu, 25 menit tiap sesi).

3. Ada bermacam-macam olahraga kardio yang bisa Anda pilih. Mulai dari joging, lari, renang, bersepeda, menari, dan masih banyak lagi.

Selain olahraga kardio, Anda juga disarankan untuk mengombinasikannya dengan olahraga angkat beban sebanyak 2-3 kali seminggu. Olahraga angkat beban ini bisa dilakukan dengan alat canggih yang ada di pusat kebugaran, dengan dumbell, atau tanpa alat sama sekali. Gerakan yang dapat Anda lakukan tanpa alat antara lain adalah squat, push-up, sit-up, plank, dan pull-up.

Agar lebih bersemangat, ajak teman-teman Anda atau anggota keluarga lainnya untuk berolahraga bersama. Anda juga bisa melakukan variasi jenis olahraga untuk mencegah rasa bosan. Percaya, deh, durasi yang dianjurkan tak akan terasa karena dilakukan dengan senang, badan pun jadi sehat dan bugar.(RN/ RVS/klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar