Rutin Berolahraga Bisa Cegah 5 Jenis Kanker Ini

Rutin Berolahraga Bisa Cegah 5 Jenis Kanker Ini
Olahraga. Foto HealthyCare

jpnn.com - Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Bahkan, pada 2012, kanker menelan 8,2 juta jiwa, dengan jenis kanker yang paling banyak terjadi adalah kanker paru, hati, perut, kolorektal dan kanker payudara. Hal ini tertera pada Data GLOBOCAN, International Agency for Research on Cancer (IARC).

Agar masyarakat senantiasa waspada dengan berbagai jenis penyakit kanker, maka setiap 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Ada beragam cara untuk mencegah kanker timbulnya penyakit kanker, salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. 

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kanker yang bisa dicegah dengan membiasakan diri melakukan olahraga setiap hari:

1. Kanker endometrium

Gejala utama kanker endometrium (kanker rahim) adalah perdarahan dari vagina di luar siklus menstruasi atau perdarahan dari vagina yang terjadi pada wanita yang sudah menopause.

Salah satu hal yang dapat memicu kanker ini adalah obesitas. Kondisi ini bisa terjadi karena banyaknya sel-sel lemak pada orang obesitas yang memicu peradangan dan perubahan sel-sel di dalam rahim.

Salah satu studi yang dipublikasikan oleh PubMed menemukan bahwa berolahraga dapat mencegah terjadinya kanker endometrium. Agar efektif untuk mencegah penyakit tersebut, seseorang dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu.

2. Kanker usus besar

Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja, tanpa pandang bulu. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News