Rabu, 24 April 2019 – 03:47 WIB

Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Kaki Mundur bagi Kesehatan

Minggu, 10 Februari 2019 – 15:25 WIB
Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Kaki Mundur bagi Kesehatan - JPNN.COM

jpnn.com - Anda pernah melihat seseorang atau sekelompok orang berolahraga dengan berjalan kaki mundur? Meski terlihat aneh, nyatanya jalan kaki mundur punya manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Livestrong, berjalan mundur cukup populer di Jepang. Salah satu alasannya karena lebih banyak kalori yang terbuang daripada berjalan kaki ke depan.

Manfaat berjalan kaki

Sebelum membahas manfaat kesehatan dari berjalan mundur, Anda harus tahu manfaat umum dari olahraga jalan kaki. Banyak orang yang menganggap sepele masalah berjalan kaki. Itu karena menurut sebagian besar orang, mendapatkan tubuh yang sehat harus ditempuh dengan berolahraga secara ekstrem, menghindari banyak makanan, dan juga mengonsumsi vitamin atau obat-obatan.

Padahal, tanpa disadari, berjalan kaki ternyata dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Memang kelihatan sangat sederhana dan efek yang ditimbulkan tidak langsung terasa, berbeda dengan berolahraga di pusat kebugaran atau bermain futsal.

Menurut dr. Sophia Hage kepada KlikDokter, setiap kali kita berjalan kaki selama satu jam, usia harapan hidup bertambah 2 jam.

“Selain itu, karena jalan kaki termasuk olahraga aerobik maka juga bermanfaat meningkatkan kebugaran khususnya ketahanan paru,” kata dr. Sophia.

Manfaat jalan kaki mundur

Dilansir dari Verywell health, berjalan mundur mirip dengan jalan yang sangat cepat atau lari santai. Dengan kata lain, intensitasnya lebih tinggi dibanding jalan kaki biasa. Anda juga dapat meningkatkan keseimbangan dan berolahraga untuk beberapa otot yang tidak sering Anda gunakan saat berjalan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar