6 Makanan Pencegah Anemia

6 Makanan Pencegah Anemia
Sayur-sayuran sehat, segar dan awet. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Kondisi anemia tidak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan juga banyak terjadi pada anak-anak.

Menurut World Health Organization (WHO), anemia adalah suatu kondisi berkurangnya kadar hemoglobin di dalam sel darah dalam tubuh. Hemoglobin merupakan zat protein yang  berada di sel darah merah. Fungsinya untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Pada anak-anak dibutuhkan 7-15 mg zat besi setiap harinya, sedangkan pada orang  membutuhkan 8-18 mg zat besi setiap harinya. Tentunya kebutuhan zat besi ini juga berbeda bagi orang yang menjalani diet vegetarian yang membutuhkan 1,8 kali nutrisi lebih banyak dibandingkan orang normal

Oleh sebab itu, Anda yang mengalami anemia sangat perlu mengonsumsi beberapa sumber makanan berikut setiap harinya agar kebutuhan zat besi tercukupi dan terbebas dari anemia. 

1. ASI

Bagi bayi baru lahir yang cukup bulan dan memiliki berat badan lahir normal memiliki simpanan zat besi yang cukup di dalam tubuhnya untuk 4-6 bulan ke depan. Meski demikian, untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhannya, bayi di bawah usia 6 bulan tetap memerlukan ASI sebagai sumber pemenuhan zat besi dan nutrisi yang lainnya.

Kandungan zat besi di dalam ASI memang tidak setinggi sumber makanan lainnya, tetapi zat besi yang ada di dalam ASI 5 kali lebih mudah diserap oleh tubuh bayi dibandingkan dengan susu formula.  

2. Daging dan makanan laut

Anemia adalah suatu kondisi berkurangnya kadar hemoglobin di dalam sel darah dalam tubuh. Hemoglobin merupakan zat protein yang berada di sel darah merah. Fungsinya untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News