6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Lambung

6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Lambung
Jahe. Foto IST

jpnn.com - Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual. Di samping itu, masih banyak manfaat jahe lainnya yang bisa kita dapatkan.

Berikut beberapa kondisi yang diyakini bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe:

1. Jahe bisa meredakan mual

"Penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa menyembuhkan mual dari perjalanan, kehamilan atau bahkan kemoterapi," kata Julie Upton, RD, co-founder Appetite for Health, seperti dilansir laman Health, Senin (10/12).

Bahkan, satu penelitian di Thailand menemukan bahwa jahe bekerja sebaik dimenhidrinat (bahan aktif dalam obat-obatan yang dijual bebas) untuk mencegah dan mengobati mual pada wanita hamil. Namun, karena jahe memiliki banyak senyawa bioaktif, jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang hamil, Anda harus mengingatkan ahli kesehatan Anda bahwa Anda mengonsumsi jahe dan berapa banyak.

2. Bisa mengurangi kembung, gas dan sembelit

Jahe juga bisa meringankan masalah GI lainnya, berkat enzim pencernaannya yang disebut zingibain yang membantu tubuh memecah protein. Senyawa ini berpotensi membantu makanan yang Anda makan melewati sistem Anda dengan lebih mudah dan, pada gilirannya, mengurangi kembung, gas, atau sembelit yang Anda alami.

3. Membantu melawan infeksi

Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News