6 Provinsi Contoh Program Sekolah Gratis

Sumut, Riau, Kepri, Jambi, Maluku, Jatim

6 Provinsi Contoh Program Sekolah Gratis
6 Provinsi Contoh Program Sekolah Gratis
JAKARTA – Enam pemerintah provinsi (pemprov) dijadikan contoh daerah yang dianggap sukses melaksanakan program sekolah gratis. Enam pemprov itu adalah Provinsi Sumut, Jambi, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Maluku, dan Jawa Timur.

Keenam gubernur dari enam provinsi itu secara khusus diundang Mendikanas Bambang Sudibyo ke gedung Depdiknas, Jakarta, Senin (15/6). Mereka mengisi acara talkshow yang akan disiarkan sebuah stasiun TV swasta dalam waktu dekat. “Ini gubernur-gubernur yang sukses. Maka saya minta untuk tampil agar menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk mensukseskan program sekolah gratis,” ungkap Bambang Sudibyo saat berbicara di acara tersebut.

Enam gubernur yang hadir di acaa itu adalah Gubernur Sumut Syamsul Arifin, Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, Gubernur Riau Rusli Zainal,Gubernur Maluku Karel Albert Karahalu, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Wakil Gubernur Kepri M Sani.

Dijelaskan Bambang Sudibyo, sebenarnya bukan hal yang susah bagi daerah untuk melaksanakan program sekolah gratis, baik untuk 9 tahun maupun yang 12 tahun. Pasalnya, pemerintah pusat melalui APBN telah mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang nilainya Rp397 ribu per siswa SD per tahun untuk Kabupaten, dan Rp400 ribu untuk daerah Kota. Sedang untuk SMP/MTS, untuk daerah Kabupaten sebesar Rp570 ribu per siswa per tahun, dan Rp575 ribu untuk Kota. “Jadi, kalau toh dianggap masih kurang, pemda tinggal nambahi sedikit saja,” ujarnya.

JAKARTA – Enam pemerintah provinsi (pemprov) dijadikan contoh daerah yang dianggap sukses melaksanakan program sekolah gratis. Enam pemprov

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News