6 Sektor Industri Ini Masih Mendominasi Ekspor Indonesia 2021

6 Sektor Industri Ini Masih Mendominasi Ekspor Indonesia 2021
Wamendag Jerry Sambuaga dalam raker Komisi VI DPR RI beberapa waktu lalu. Foto Humas Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Sektor industri memberikan kontribusi dominan dalam ekspor Indonesia pada Mei 2021. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan, untuk bulan kelima ini, sektor industri menyumbang 77,30% dari total ekspor Indonesia sebesar USD 16,60 miliar. 

"Sektor-sektor yang memberikan sumbangan masih didominasi oleh industri besi dan baja, mesin dan elektronika, perhiasan, alas kaki, kertas dan pulp, pakaian," sebut Jerry, Jumat (9/7). 

Dia mengaku bersyukur Indonesia terus melanjutkan tren surplus dalam neracara perdagangan. Hingga Mei 2021 tercatat surplus Indonesia sudah mencapai USD 10,17 miliar. Pada 2020 secara total surplus Indonesia mencapai nilai USD 20 miliar. 

"Ini artinya, capaian tahun 2020 bisa didapat lagi atau bahkan dilampaui," ucapnya.

Kontribusi sektor Industri menurut Jerry perlu diperkuat dan diintensifkan pada produk industri yang padat teknologi. Ini berkaitan dengan transformasi ekonomi industri Indonesia yang arahnya untuk meningkatkan nilai tambah dan efisiensi dalam produksi.

“Ini adalah sebuah keharusan, kalau ingin memperkuat daya saing dan mengambil nilai tambah yang besar," ujar wamendag.

Kementerian Perdagangan sendiri menurut Jerry bekerja keras dalam hal-hal yang berkaitan dengan sektor hilir seperti pembukaan akses pasar, fasilitasi pameran, pemasaran dan kelancaran supply chain serta standarisasi dan pengujian kualitas produk. Meski begitu, kolaborasi dengan instansi lainnya sangat perlu 

"Dengan itu kami optimistis shifting produk dan industri bisa berjalan," ucapnya. (esy/jpnn)

Sektor-sektor yang memberikan sumbangan terbesar dalam ekspor Indonesia masih didominasi oleh industri besi dan baja, mesin dan elektronika, perhiasan, alas kaki, kertas dan pulp, pakaian


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News