60 Orang Keracunan Berkat

60 Orang Keracunan Berkat
60 Orang Keracunan Berkat

SEDIKITNYA 60 warga Dusun Reces, Desa Sumbergading, Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso, mengalami keracunan masal karena mengonsumsi berkat (makanan acara selamatan, Red) Senin malam. 

Para korban dilarikan ke puskesmas terdekat dan langsung mendapat perawatan. Peristiwa bermula saat warga menghadiri selamatan khitanan di rumah Kholik, 50, mantan Kades Sumbergading. Mereka muntah-muntah, buang air, pening, dan keluar keringat dingin setelah makan berkat atau makanan hajatan. 

Kepala Puskesmas Sumberwringin dr Joko Adi Pramono menjelaskan, pihaknya menangani pasien keracunan yang datang. ''Ada puluhan pasien yang datang ke sini,'' imbuhnya. Sebagian warga mendatangi Puskesmas Sukosari. 

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, ada sembilan orang yang mengalami keracunan berat sehingga harus menjalani rawat inap di Puskesmas Sukosari dan Puskesmas Sumberwringin. Sementara itu, 51 orang lainnya yang keracunan menjalani rawat jalan di rumah masing-masing. ''Mereka rata-rata lemas. Namun, mereka sudah tertangani dengan baik,'' katanya. 

SEDIKITNYA 60 warga Dusun Reces, Desa Sumbergading, Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso, mengalami keracunan masal karena mengonsumsi berkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News