60 Peserta Lolos Program Generasi Terampil UNICEF & Markoding, Perempuan Mendominasi 

60 Peserta Lolos Program Generasi Terampil UNICEF & Markoding, Perempuan Mendominasi 
UNICEF & Markoding menggelar Innovation Challenge 2022. Peserta terbanyak yang lolos adalah perempuan. Foto dok. UNICEF

jpnn.com, JAKARTA - Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) menyebutkan pandemi berkepanjangan yang melanda dunia telah membuat hilangnya kesempatan pembelajaran dalam skala besar yang dialami oleh jutaan anak dan remaja. Karenanya, diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut agar tidak menjadi masalah di masa depan.

“Setiap era memiliki tantangannya sendiri yang harus siap diatasi bila menginginkan hasil terbaik bagi masyarakat dan negara,” kata Katheryn Bennett, kepala Pendidikan UNICEF Indonesia dalam keterangannya, Senin (31/10).

Salah satu upaya dilakukan UNICEF bersama Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa (Markoding) didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur dengan menggelar Innovation Challenge 2022: Program Generasi Terampil.

Kegiatan ini dirancang sebagai respons dari penelitian UNICEF Indonesia serta mitra lainnya yang menemukan kesenjangan besar dalam pemecahan masalah, pemikiran kritis, keterampilan komunikasi remaja.

Program ini memberikan pelatihan dan pendampingan untuk membekali remaja dari sekolah menengah formal, sekolah kejuruan, sekolah agama dan pusat pembelajaran berbasis masyarakat dengan keterampilan abad ke-21 yang sangat penting bagi dunia kerja. 

"Mereka juga terlibat dalam serangkaian lokakarya persiapan karir," lanjutnya.

Para peserta yang berusia 10 - 19 tahun, memamerkan inovasi yang dikembangkan dalam bentuk digital (aplikasi berbasis web, gim, dan aplikasi mobile) dan solusi non-digital untuk mengatasi berbagai masalah yang menjadi kepedulian mereka, termasuk pendidikan, kesehatan reproduksi, kesehatan mental, lingkungan, dan pariwisata.

“Membekali anak-anak dan remaja dengan keterampilan digital membantu mereka memecahkan masalah dengan teknologi mutakhir, dan memberikan pengalaman belajar yang interaktif serta menyenangkan," ujarnya.

UNICEF & Markoding menggelar Innovation Challenge 2022. Peserta terbanyak yang lolos adalah perempuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News