600 Camaba Unair Tak Daftar Ulang, Masih Banyak Kursi Kosong

600 Camaba Unair Tak Daftar Ulang, Masih Banyak Kursi Kosong
UNAIR. Foto: dok. Unair News

jpnn.com, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) membuka peluang bagi calon mahasiswa baru (camaba) karena masih banyak camaba yang tidak daftar ulang. Masih banyak bangku kosong.

Hasil seleksi jalur mandiri sudah diumumkan pada 19 Juli. Namun, ternyata sekitar 600 camaba tidak daftar ulang. Seleksi jalur mandiri dilakukan lagi. Itu putaran kedua.

Rektor Unair Prof Moh. Nasih menjelaskan, untuk tahun akademik 2018-2019 ini, Unair mengumumkan menerima 1.560 camaba hasil seleksi jalur mandiri.

Sekitar 900 orang telah mendaftar ulang. Batas waktunya 24 Juli. Tapi, camaba yang dinyatakan diterima tapi tidak daftar ulang ternyata masih ratusan.

"Ada banyak. Sekitar 600 orang," katanya. Sesuai aturan, camaba yang tidak daftar ulang dinyatakan gugur.

Nasih memperkirakan, camaba yang tidak daftar ulang mungkin sudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) lain. Sebab, proses seleksi penerimaan camaba jalur mandiri Unair terbilang pendek dan paling akhir.

"UB (Universitas Brawijaya), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), UI (Universitas Indonesia), dan ITB (Institut Teknologi Bandung) sudah lebih dulu jalur mandirinya," ujarnya.

Menurut Nasih, sebagian besar camaba yang lebih dahulu diterima lewat jalur mandiri PTN lain telanjur membayar untuk masuk.

Camaba yang diterima jalur mandiri putaran kedua Unair disesuaikan dengan kuota kosong setiap prodi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News