7 Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

7 Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa
Tips Menghindari Bau Mulut saat Berpuasa. Foto Radar Mojokerto/JPNN.com

jpnn.com - Ada banyak gangguan kondisi yang umum dialami oleh mereka yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selain badan lemas, ada satu lagi masalah saat puasa, yaitu bau mulut atau halitosis. Tak perlu panik, ada sejumlah cara untuk mencegah bau mulut saat puasa, yang bisa Anda coba.

Bila Anda merasa sudah menjaga kebersihan mulut, tetapi bau mulut masih saja mengganggu, menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh gigi berlubang. Pemilihan jenis makanan saat sahur dan beberapa penyakit – seperti sinusitis serta refluks lambung – juga dapat menimbulkan bau mulut saat berpuasa.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut.

1. Gunakan alat pembersih lidah

Perhatikan lidah Anda saat bercermin. Apakah ada lapisan putih di atasnya? Jika ada, segera bersihkan dengan alat pembersih lidah yang bisa dibeli di apotek atau toko obat. Lapisan putih pada lidah tersebut dapat memicu timbulnya bau mulut.

2. Segera sikat gigi usai minum susu atau makan ikan saat sahur

Menurut drg. Callista Argentina dari KlikDokter, bila Anda mengonsumsi ikan atau minum susu saat sahur, segera sikat gigi setelahnya. “Protein di dalam ikan dan susu saat dipecah di dalam mulut dapat menyebabkan bau yang tak sedap.” jelas dr. Callista.

3. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Selain badan lemas, ada satu lagi masalah saat puasa, yaitu bau mulut atau halitosis. Tak perlu panik, ada sejumlah cara untuk mencegah bau mulut saat puasa, yang bisa Anda coba.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News