7 Cara Mudah Hilangkan Rasa Cemas

7 Cara Mudah Hilangkan Rasa Cemas
Ilustrasi. Meditasi. Foto IST

jpnn.com - Merasa gugup atau cemas sesekali itu normal. Namun jika kecemasan tersebut mulai berlebihan hingga sulit konsentrasi, adakah cara cepat dan mudah untuk menghilangkannya?

Ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi tingkat kecemasan seseorang. Misalnya menumpuknya pekerjaan dan urusan di rumah, urusan percintaan, dan lain sebagainya. Orang-orang yang sering merasa cemas akan merasa gelisah setiap saat, mudah sakit kepala, jantung berdebar, hingga sulit bernapas.

Cara mudah dan cepat mengatasi rasa cemas berlebih

“Sering merasa cemas karena berbagai macam urusan memang sangat wajar dialami oleh banyak orang. Meski begitu, rasa cemas tak boleh dibiarkan, karena bisa berdampak pada kondisi psikis dan menyebabkan depresi,” kata dr. Arina Heidyana dari KlikDokter.

“Jika sudah menemukan tanda-tanda kecemasan seperti sering merasa gelisah dan mudah sakit kepala, sebaiknya segera tangani agar tidak sampai terjadi depresi,” tambahnya.

Apabila Anda sering diserang rasa cemas dan sampai memengaruhi produktivitas, coba lakukan hal-hal ini:

1. Olahraga
Tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga telah terbukti bisa meningkatkan kesehatan mental. Salah satunya adalah meredakan kecemasan.

Dijelaskan oleh dr. Arina, ketika Anda olahraga, maka akan ada pelepasan hormon bahagia dalam tubuh, sehingga menciptakan rasa senang dan relaks setelahnya.

Tujuh cara mudah dan cepat untuk menghilangkan rasa cemas di atas layak untuk Anda coba jika mengalami serangan rasa cemas. Jika cemas yang Anda rasakan sudah menurunkan kualitas hidup Anda, sebaiknya kunjungi psikiater atau psikolog.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News