7 Daerah Raih Penghargaan Tertinggi dari Presiden, Jatim Luar Biasa

7 Daerah Raih Penghargaan Tertinggi dari Presiden, Jatim Luar Biasa
Dirjen Otda Kemendagri) Sumarsono. Foto: dok/JPG

jpnn.com, SIDOARJO - ‎Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan tujuh daerah peraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, pada Peringatan Hari Otonomi Daerah Tingkat Nasional ke-21 yang diselenggarakan di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4).

Tujuh daerah tersebut masing-masing Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Sidoarjo dan Lamongan (Jawa Timur), Pinrang (Sulawesi Selatan), Bantul (DI Yogyakarta) dan Kota Surabaya (Jatim) serta Samarinda (Kalimantan Timur).

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Sumarsono, penghargaan Parasamya diberikan kepada daerah dengan kinerja terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

"Untuk Jawa Timur, ini merupakan kali kedua meraih penghargaan Parasamya. Artinya, tidak hanya tiga tahun berturut-turut berkinerja terbaik. Tapi dua kali tiga. Jadi selama enam tahun berturut-turut. Sehingga tepat disebut Provinsi Parasamya Purnakarya Nugraha," ujar Sumarsono saat membacakan daerah-daerah bekinerja terbaik.

Menurut Sumarsono, rencananya penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. "Ini adalah penghargaan tertinggi dari Bapak Presiden kepada daerah," tutur Sumarsono.

Selain daerah-daerah tersebut, presiden nantinya juga akan menganugerahi tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha untuk 12 daerah yang dinobatkan berkinerja terbaik, berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2015.

Daerah tersebut adalah Kalimantan Timur, Kabupaten Karanganyar, Banyuwangi, Probolinggo, Kuningan, Pati, Kota Makassar, Gorontalo, Ambon, Banjar, Bontang dan Kota Sukabumi. (gir/jpnn)


‎Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan tujuh daerah peraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, pada Peringatan Hari Otonomi


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News