7 Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal

7 Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Beberapa kondisi atau kebiasaan yang Anda lakukan, tanpa Anda sadari ternyata bisa merusak kesehatan ginjal. Ya, saat ini penurunan fungsi ginjal tidak hanya didominasi oleh kelompok lansia. Kelompok yang lebih muda pun rentan mengalami kondisi yang sama akibat gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat.

Organ ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat berbahaya yang ada di dalam tubuh, baik itu yang berasal dari makanan, obat, maupun zat-zat yang beracun. Kemudian, zat-zat yang tidak diperlukan di dalam tubuh tersebut akan dikeluarkan melalui urine. 

Maka dari itu, ginjal pun dilengkapi dengan sepasang ureter, kandung kemih, dan uretra yang bisa membawa urine keluar dari tubuh. 

Nah, untuk memastikan ginjal tetap dapat bekerja dengan semestinya, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya mulai Anda hindari. Berikut penjelasannya: 

1. Gemar mengonsumsi produk olahan 

Sebagian besar makanan olahan penuh dengan natrium. Seperti dilansir dari Reader’s Digest, Dietary Guidelines for Americans, terlalu sering mengonsumsi makanan bernatrium tidak hanya buruk bagi jantung, tapi juga dapat menyebabkan masalah pada ginjal. 

Seorang nephrologist atau dokter spesialis ginjal dari Cleveland Clinic, James Simon, MD, juga menyarankan agar orang-orang tidak hanya melihat kandungan lemak dan karbohidrat yang tercantum pada label kemasan produk olahan. Anda juga diimbau untuk memperhatikan jumlah natriumnya.

2. Kebiasaan merokok

Karena ginjal memiliki fungsi yang sangat vital dalam sistem kerja tubuh manusia, menjaga kesehatan ginjal jelas tidak boleh disepelekan. Mulai sekarang, hindarilah kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak ginjal, seperti yang telah disebutkan di atas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News