Apakah Remaja Perlu Diet Karbo?

Apakah Remaja Perlu Diet Karbo?
Diet. Foto: Harvard Health

jpnn.com - Tubuh sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di masa remaja. Namun, demi mendapat bentuk tubuh yang ideal, tak sedikit remaja yang menerapkan metode diet tertentu. Salah satu metode diet yang paling poluler dilakukan remaja adalah diet karbo.

Diet karbo itu sendiri dilakukan dengan membatasi konsumsi karbohidrat dalam sehari. Ini artinya, orang-orang yang melakoni diet karbo mesti membatasi konsumsi beras, gandum, umbi-umbian, buah, sayur dan asupan lain yang mengandung senyawa karbohidrat. Jumlah karbohidrat harian biasanya dibatasi menjadi hanya 60–130 gram.

Sebagai pengganti karbohidrat yang dibatasi, pelaku diet karbo mesti meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak. Sumber protein yang umumnya dijadikan pilihan adalah daging, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur dan buah. 

Kepada KlikDokter, dr. Rio Aditya mengatakan bahwa tujuan diet karbohidrat memang untuk mengurangi berat badan. Tak hanya itu, metode diet ini juga bisa dilakukan demi mengurangi risiko penyakit diabetes mellitus.

Diet karbo pada remaja, perlukah?
Apakah remaja perlu menerapkan metode diet karbo agar memiliki bentuk badan yang ideal? Bukankah remaja sedang dalam masa pertumbuhan? Terkait ini, dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter mengatakan bahwa medis sebenarnya tidak melarang remaja untuk melakukan diet karbo. Asalkan, dirinya mengalami obesitas dan sudah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelumnya.

"Sebenarnya tergantung kebutuhan remaja itu sendiri. Kalau memang masih remaja tapi sudah obesitas dan sedang diprogramkan untuk menurunkan berat badan, menurut saya tidak apa-apa melakukan diet karbo,” tutur dr. Dejandra.

“Tapi, kalau bobot tubuhnya normal, sebaiknya remaja tidak diet karbo. Lebih baik terapkan diet lengkap dan seimbang yang meliputi konsumsi karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Dikatakan seimbang ketika yang disebutkan itu tadi tidak ada yang lebih menonjol dari yang lain," tambahnya.

Lebih lanjut, dr. Dejandra mengatakan bahwa pola diet lengkap dan seimbang yang dilakukan remaja juga perlu diiringi dengan aktivitas seperti olahraga. Ini supaya tubuh tetap fit dan berat badan tidak melonjak secara berlebihan.(klikdokter)


Demi mendapat bentuk tubuh yang ideal, tak sedikit remaja yang menerapkan metode diet tertentu. Salah satu metode diet yang paling poluler dilakukan remaja adalah diet karbo.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News