Jumat, 23 Agustus 2019 – 18:37 WIB

Keseringan Malas Gerak, Waspadai 4 Penyakit Ini

Minggu, 11 Agustus 2019 – 15:08 WIB
Keseringan Malas Gerak, Waspadai 4 Penyakit Ini - JPNN.COM

Lelah. Ilustrasi. Foto HealthyCare

jpnn.com - Di kantor kebanyakan duduk, di rumah terbiasa bermalas-malasan, olahraga pun tak pernah! Keseringan mager alias malas gerak seperti ini tidak baik. Pasalnya ada beberapa penyakit yang bisa mengancam kesehatan Anda.

Semua orang tahu bahwa rutin berolahraga atau aktif secara fisik punya manfaat segudang untuk kesehatan. Namun, sebagian orang masih saja malas gerak. Gaya hidup modern sekaligus kemudahan aktivitas berkat kemajuan teknologi informasi membuat begitu banyak orang menjalani kehidupan yang sedenter, yaitu tidak aktif secara fisik.

Jika kebiasaan mager terus berlanjut, apalagi tidak didukung oleh pola makan yang sehat dan kurang istirahat, penyakit ini bisa menghampiri Anda.

1. Penyakit jantung
Menurut jurnal “Circulation” yang dipublikasikan untuk American Heart Association, setiap tahunnya sebanyak 250,000 orang meninggal dunia di Amerika Serikat (AS) akibat jarang berolahraga.

Malas bergerak menjadi 1 dari 5 faktor risiko utama penyakit jantung. Faktor risiko lainnya adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan obesitas.

Untuk membantu mengurangi risiko, Anda disarankan untuk lebih sering berjalan kaki, paling tidak 30 menit tiap harinya. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa jalan kaki usai mengonsumsi makanan yang tinggi lemak bisa membantu “memperbaiki” kerusakan di pembuluh darah.

2. Artritis
Artritis adalah peradangan yang terjadi pada sendi. Nyeri dan kekakuan sendi sering kali membatasi pergerakan tubuh, termasuk saat berolahraga. Jika Anda punya artritis dan tidak berolahraga sama sekali, sendi akan semakin kaku, otot menjadi lemah, sehingga nyeri bisa bertambah hebat dan kekakuan semakin berat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School di AS, disebutkan bahwa pasien artritis yang aktif secara fisik dan berolahraga teratur dilaporkan merasakan pergerakan sendi yang lebih baik, otot-otot menjadi lebih kuat, stamina pun membaik.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar