Olahraga yang Satu Ini Bisa Kurangi Lemak Jantung, Coba Deh

Olahraga yang Satu Ini Bisa Kurangi Lemak Jantung, Coba Deh
Ilustrasi tubuh gemuk.

jpnn.com, JAKARTA - Orang yang kelebihan berat badan perlu mengurangi jenis lemak jantung untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Dalam studi kecil, para peneliti menentukan bahwa jenis lemak jantung tertentu, jaringan adiposa perikardial, berkurang pada pasien yang melakukan olahraga angkat berat.

Olahraga ini lebih membantu dibanding pada mereka yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh dengan latihan aerobik, menurut laporan yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology.

BACA JUGA :  8 Makanan Tinggi Lemak yang Perlu Anda Santap Rutin

Kedua bentuk latihan ini menghasilkan pengurangan lemak jantung tipe kedua, jaringan adiposa epikardial, yang juga dikaitkan dengan penyakit jantung.

"Kami terkejut dengan temuan ini," kata penulis utama studi ini, Dr. Regitse Hojgaard Christensen, seorang peneliti di Pusat Peradangan dan Metabolisme dan Pusat Penelitian Aktivitas Fisik di Rumah Sakit Universitas Kopenhagen, seperti dilansir laman MSN.

"Sementara penelitian ini tidak menjelaskan mengapa latihan beban akan memiliki efek yang berbeda dari latihan ketahanan, kita tahu dari penelitian lain bahwa latihan ketahanan adalah stimulus yang lebih kuat untuk meningkatkan massa otot dan meningkatkan metabolisme basal dibandingkan dengan latihan ketahanan, dan oleh karena itu kami berspekulasi bahwa para peserta yang melakukan pelatihan ketahanan akan membakar lebih banyak kalori di siang hari - juga dalam periode tidak aktif - dibandingkan dengan mereka yang terlibat dalam pelatihan ketahanan," jelas Christensen.

Untuk mengeksplorasi dampak dari berbagai jenis olahraga pada lemak jantung, Christensen dan rekan-rekannya merekrut 32 orang dewasa yang mengalami obesitas dan kurang gerak tetapi belum memiliki penyakit jantung, diabetes, atau atrial fibrilasi.

Peneliti terkejut dengan hasil percobaan olahraga terhadap orang kelebihan berat badan untuk kurangi lemak jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News