Sabtu, 17 November 2018 – 17:46 WIB

7 Kiat agar Wanita Terhindar dari Kanker Paru

Minggu, 04 November 2018 – 04:15 WIB
7 Kiat agar Wanita Terhindar dari Kanker Paru - JPNN.COM

jpnn.com - Banyak yang tak menyadari bahwa kanker paru merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita. Kanker paru membunuh lebih banyak wanita setiap tahunnya daripada kanker payudara, kanker rahim, dan kanker ovarium. 

Meski merokok adalah pemicu nomor satu, 20 persen wanita yang mengalami kanker paru-paru tidak pernah merokok seumur hidupnya, seperti dilansir dari Verywell Health.

Selain merokok, penyebab kanker paru lainnya adalah paparan radon di rumah, perokok pasif, eksposur dari lingkungan dan pekerjaan, atau predisposisi genetik. Studi terbaru menunjukkan infeksi human papillomavirus mungkin juga memainkan peran.

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari kanker paru:

1.Jangan merokok

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Bagi mereka yang telah didiagnosis dengan kanker paru, berhenti merokok bahkan dapat meningkatkan kelangsungan hidup.

Sayangnya, risiko kanker paru tidak hilang begitu saja setelah seseorang berhenti merokok. Bahkan kanker paru sekarang lebih sering terjadi pada mantan perokok daripada perokok yang masih aktif. Jika ini membuat Anda tidak nyaman, perlu diingat bahwa kini tersedia skrining kanker paru-paru untuk deteksi dini.

2.Periksa kadar radon di rumah

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar