7 Langkah Mudah Merawat Rambut di Rumah

7 Langkah Mudah Merawat Rambut di Rumah
Ilustrasi rambut bercabang.

jpnn.com - Rajin pergi ke salon rupanya tak cukup membuat rambut semakin sehat dan berkilau. Sebab, kesehatan rambut tergantung bagaimana kita merawatnya setiao hari.

Dilansir dari The Guardian, setidaknya ada 7 cara yang harus diterapkan dalam keseharian untuk merawat rambut.

1. Dapatkan Protein yang Cukup

Rambut terbentuk dari lapisan unsur protein yang disebut keratin. Sehingga jika tidak mendapatkan protein yang cukup maka dapat membuat rambut kering dan rapuh. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengonsumsi ayam, ikan, produk susu, dan telur dalam makanan harian agar lapisan protein tercukupi. Sumber yang baik untuk vegetarian dan vegan adalah kacang-kacangan, tahu dan quinoa. Karbohidrat kompleks dan zat besi juga penting untuk kesehatan rambut.

2. Sisir Rambut dengan Lembut

Penggunaan sisir yang keliru menjadi salah satu penyebab paling umum kerusakan rambut. Gunakanlah sisir dari plastik atau berbentuk bulat. Menyisir rambut dari ujung dengan lembut menuju ke bagian atas kepala juga membantu menghindari kerontokan.

3. Keringkan Rambut dengan Alami

Hairdryers dan alat styling yang dipanaskan dapat membuat rambut rapuh dan kurang bersinar. Rambut berubah ketika terkena panas dari terus-menerus. Sebaiknya Anda membiarkan rambut mengering dengan alami, dan jika menggunakan pengering rambut, gunakan semprotan pelindung atau serum. Lalu secara bertahap mulailah dari suhu terendah sebelum meningkatkan panas.

Rajin pergi ke salon rupanya tak cukup membuat rambut semakin sehat dan berkilau. Sebab, kesehatan rambut tergantung bagaimana kita merawatnya setiao hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News