JPNN.com

Ini Penyebab Tersering Rambut Mudah Rontok

Senin, 21 Oktober 2019 – 23:36 WIB Ini Penyebab Tersering Rambut Mudah Rontok - JPNN.com

jpnn.com - Keluhan rambut rontok sangat menyebalkan, bahkan bisa bikin panik. Pasalnya, kulit kepala berisiko mengalami kebotakan. Rambut rontok disebabkan oleh beberapa faktor. Namun menurut para ahli, memang ada beberapa penyebab tersering.

Seiring bertambahnya usia, rambut memang akan mengalami kerontokan. Akan tetapi, kerontokan rambut yang terjadi sebelum waktunya atau saat usia masih produktif baru bisa dianggap sebagai masalah.

"Rambut rontok bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari infeksi, kemoterapi, anemia, gangguan hormonal, hingga penggunaan obat-obatan tertentu," sebut dr. Nadia Octaviadari KlikDokter.

Penyebab tersering rambut rontok

Selain yang telah disebut dr. Nadia di atas, inilah penyebab rambut rontok tersering menurut beberapa para ahli.

1. Telogen effluvium
Telogen effluvium adalah kondisi sementara yang dapat terjadi setelah kehamilan, operasi besar, penurunan berat badan yang drastis, atau stres yang ekstrem. Rambut umumnya akan mengalami kerontokan dalam jumlah banyak setiap hari, biasanya ketika keramas atau menyisir rambut.

2. Alopecia areata

Berdasarkan penjelasan dari dr. Melyarna Putri, MPH, M.Gizi, dari KlikDokter, alopecia areata adalah kondisi rambut rontok yang tidak menular, disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang folikel rambut.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...