7 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan

7 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan
Buah aprikot. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - 100 gram buah aprikot dapat memberikan 12 persen vitamin A dan C dan 6 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Buah berdaging oranye kekuningan ini memiliki rasa manis dan asam. 

Berikut ini beberapa manfaat aprikot untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (2/1).

1. Aprikot Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat larut dalam buah aprikot meningkatkan pergerakan usus yang sehat karena menambah jumlah besar pada tinja. Serat juga memecah asam lemak dengan cepat - dan ini meningkatkan pencernaan. Serat dalam buah aprikot juga mengobati masalah pencernaan lainnya seperti sembelit dan kembung.

2. Membantu Pengobatan Diabetes

Aprikot sangat rendah kalori dan karbohidrat (satu buah mengandung hanya 17 kalori dan 4 gram karbohidrat) - dan ini adalah berita baik bagi penderita diabetes. Mereka bisa menjadi bagian dari diet diabetes, dan serat yang dikandungnya bisa mengatur kadar gula darah. Aprikot juga memiliki indeks glikemik rendah - yang berarti mereka memiliki efek berkelanjutan pada kadar gula darah Anda dan tidak terlalu cepat menaikkan kadar glikemik. Buah ini juga kaya akan vitamin E, yang bertindak sebagai antioksidan yang meningkatkan kadar gula darah.

3. Bantu Perangi Peradangan

Bukan hanya buahnya, tetapi bijinya juga terbukti efektif meredakan peradangan. Faktanya, satu penelitian pada hewan menyatakan bagaimana ekstrak minyak biji aprikot melindungi terhadap ulcerative colitis, yang merupakan penyakit radang usus. Menurut sebuah laporan oleh Arthritis Foundation, aprikot kaya akan beta-cryptoxanthin, suatu bahan kimia yang bisa mencegah osteoarthritis dan bentuk-bentuk peradangan artritis lainnya. Magnesium dalam buah aprikot juga bisa meredakan nyeri radang.

100 gram buah aprikot dapat memberikan 12 persen vitamin A dan C dan 6 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News