JPNN.com

7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan

Senin, 15 Juli 2019 – 08:57 WIB 7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Olahraga panjat tebing umumnya dilakukan di alam terbuka yang dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi. Namun, Anda juga bisa memanjat dinding tebing buatan (indoor climbing atau wall climbing) yang biasanya tersedia di gelanggang olahraga atau di tempat khusus untuk olahraga ini.

Banyak otot yang bekerja ketika melakukan panjat tebing, baik otot tubuh bagian atas maupun bawah, termasuk punggung, perut, bahu, lengan, dan tungkai.

Bahkan, jari-jari Anda pun ikut terlatih saat memanjat tebing. Jika dilakukan secara teratur, panjat tebing bisa meningkatkan stamina, fleksibilitas dan kelincahan tubuh, serta otot-otot tubuh menjadi lebih kuat. Berikut ini beberapa manfaat panjat tebing untuk kesehatan, seperti dilansir laman Virginmediatelevisions, Minggu (14/7).

BACA JUGA: Mendengkur Sebenarnya Bisa Mematikan, Nih Penjelasannya

1. Latihan yang bagus

Tua atau muda, kita semua harus terus bergerak, dan memanjat tebing menggunakan banyak kelompok otot, bekerja baik di tubuh bagian atas dan bawah. Selain meningkatkan stamina dan kekuatan, melakukan panjat tebing yang teratur juga bisa meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan.

2. Bisa meningkatkan kesehatan mental

Aktivitas fisik dalam bentuk apa pun bisa meningkatkan kesejahteraan kita, jadi nikmatilah kenyataan bahwa langkah pertama Anda pada cengkeraman bisa meningkatkan rasa harga diri yang lebih besar, kontrol diri, dan kemampuan untuk bangkit menghadapi tantangan - bahkan jika itu terasa menakutkan Anda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...