7 Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Senin, 31 Agustus 2020 – 15:41 WIB
7 Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah - JPNN.com
Mentimun. Foto: Pixabay

jpnn.com - Timun atau mentimun menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, terutama kulit. Jenis sayuran yang berasal dari Asia Selatan ini kaya akan sumber air, serta mengandung zat alami yang disebut lignan dan cucurbitacin.

Lewat sebuah penelitian, kandungan zat lignan dalam timun mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Berita baik lainnya, sayuran yang tergolong murah meriah ini juga mampu menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia.

Lebih lanjut, cucurbitacin pada timun memiliki sifat antitumor pada sel kanker, sehingga zat ini dapat menahan perkembangan hidup sel-sel kanker dan kemampuannya untuk memperbanyak diri. Tak hanya itu, nyatanya timun juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Membantu Mengatasi Iritasi dan Kulit Berjerawat

Mentimun sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit iritasi dan berjerawat. Anda bisa mencampurkan air mentimun sebagai campuran bahan masker wajah, untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Untuk kulit berjerawat, jus mentimun dapat membantu mengencerkan essential oil seperti tea tree untuk meringankan jerawat. Dengan cara ini, Anda bisa melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau menyengat.

Mentimun juga bisa dioleskan langsung ke kulit, di atas flek jerawat, bahkan diletakkan di balik sheet mask sambil menunggu selesai.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...