JPNN.com

7 Masalah Kulit yang Mirip Jerawat

Selasa, 17 September 2019 – 17:40 WIB 7 Masalah Kulit yang Mirip Jerawat - JPNN.com

jpnn.com - Jerawat pernah menimpa pada hampir semua orang, baik mereka yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, normal, atau kering sekalipun. Saking populernya masalah kulit wajah tersebut sampai-sampai, bintik-bintik kemerahan – khususnya di pipi dan dahi – langsung disebut jerawat!

Padahal, bisa saja itu cuma masalah kulit yang mirip jerawat. 

Dilansir thehealthy.com, setidaknya ada tujuh masalah kulit yang mirip jerawat, yaitu rosacea, folliculitis, keratosis pilaris, perioral dermatitis, sebaceous hyperplasia, basal cell carcinoma, dan rambut yang tumbuh ke dalam. Meski banyak yang asing di telinga Anda, namun Anda perlu mengenali beragam masalah kulit tersebut.

Rosacea

Rosacea adalah kelainan kulit yang ditandai dengan adanya peradangan kronik di kulit. Kondisi ini menyebabkan kulit berbintik-bintik dengan dasar kemerahan dan paling sering terjadi di kulit wajah. Masalah ini lebih sering dijumpai pada orang yang berkulit putih.

Rosacea sering dianggap bagian dari jerawat atau acne vulgaris, padahal tidak tepat Rosacea sama sekali tidak berhubungan dengan jerawat. Selain faktor riwayat keluarga, terdapat beberapa kondisi yang dapat mencetuskan rosacea, yaitu berada di wilayah bersuhu ekstrem, stres, hingga hipertensi. 

Folikulitis

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut. Bentuknya bulat kecil dan berwarna merah. Folikel rambut itu sendiri merupakan lubang kecil yang terdapat di kulit dan tempat rambut tumbuh. Sebenarnya, peradangan jenis ini umum ditemukan. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...