JPNN.com

9 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Kamis, 05 September 2019 – 04:04 WIB 9 Cara Mudah Mengatasi Jerawat - JPNN.com

jpnn.com - Jerawat tentu menjadi musuh bagi setiap orang. Pasalnya, jerawat membuat kita menjadi kurang pede tampil di depan umum atau saat bertemu dengan orang lain. Karena itu, berbagai cara biasanya coba akan dilakukan untuk mengusir jerawat yang membandel.

Cara benar mengatasi jerawat

  1. Rajin cuci muka minimal dua kali sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa.
  2. Diet rendah lemak dan karbohidrat.
  3. Hidup teratur, sehat, dan olahraga tiga kali seminggu selama 30 menit tiap sesinya.
  4. Hindari atau kelola stres dengan baik.
  5. Gunakan kosmetik secukupnya.
  6. Hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, atau bedak padat).
  7. Hindari hal-hal yang dapat memicu produksi kelenjar minyak seperti alkohol, makanan pedas, dan rokok.
  8. Lindungi kulit dari polusi udara.
  9. Jangan memencet atau memecahkan jerawat karena bisa memperberat erupsi.

Selain disiplin dengan kebiasaan di atas, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDoter mengatakan, pengobatan jerawat didasari dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit, serta mengurangi peradangan.

Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

“Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik oles. Untuk jerawat di daerah punggung, bisa menggunakan losion yang mengandung sulfur. Pada kasus yang berat, biasanya perlu tambahan isotretinoin oral dan antibiotik oral,” jelas dr. Sepriani.

Mengingat semua obat yang disebutkan di atas bisa menimbulkan iritasi dan efek samping, dr. Sepriani dengan tegas mengingatkan bahwa penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter spesialis kulit dan kelamin, dermatolog, atau ahli kecantikan yang kompeten.

Jika jerawat sudah termasuk parah, sebaiknya periksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat sasaran.(RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...