Cara Memencet Jerawat yang Benar

Cara Memencet Jerawat yang Benar
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Memencet jerawat mungkin menjadi suatu kebiasaan. Meski rasanya hal ini umum dilakukan, memencet jerawat bisa berdampak infeksi pada kulit wajah.

Cara memencet jerawat yang benar
Oleh karena itu, hindari sembarangan memencet jerawat. Lantas, bagaimana cara memencet jerawat yang benar? Berikut cara yang disarankan dr. Dyah Novita Anggrainidari Klikdokter:

  • Hindari memencet jerawat terlalu dini. Memencet jerawat terlalu dini justru akan membuat jerawat Anda makin meradang dan terinfeksi. Tunggu jerawat memunculkan bintik putih atau pada ujungnya, barulah Anda pencet jerawat hingga isinya keluar. 
  • Sebelum memencet jerawat, cuci terlebih dahulu tangan dan kuku Anda menggunakan sabun. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan lap hingga kering.
  • Jika Anda ingin mengeluarkan jerawat dengan menggunakan jarum, pastikan Anda memanaskan jarum tersebut terlebih dahulu dengan api. Sesudah pemakaian, cuci alat pemencet jerawat dengan air dingin dan bilas menggunakan air alkohol (kadar alkohol disarankan mencapai 70 persen). Meski sudah steril, penggunaan jarum sendiri tidak dianjurkan. Minta bantuan ahlinya jika Anda memang ingin mengeluarkan jerawat dengan menggunakan jarum. Penggunaan jarum bisa berisiko infeksi jika salah cara penggunaannya. 
  • Bersihkan permukaan jerawat dan tangan Anda dengan alkohol. Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman yang terdapat pada permukaan jerawat dan ujung jari Anda. 
  • Letakkan alat pemencet jerawat sejajar dengan permukaan kulit Anda, tusuk pada ujung kepala jerawat yang berwarna putih tersebut, lalu tarik ke atas untuk membuka bagian atas jerawat. Hal ini tidak membuat nyeri karena yang ditekan merupakan sel kulit yang sudah mati.
  • Selanjutnya gunakan tangan Anda, tekan dengan lembut sisi samping jerawat tersebut. Jika nanah tidak keluar setelah ditekan, segera hentikan pemencetan karena hal ini mungkin disebabkan jerawat belum siap untuk dipencet. Namun jika nanah sudah keluar, segera basuh jerawat yang sudah dipencet dengan menggunakan kapas alkohol. 

Meski begitu, bukan berarti Anda boleh sembarangan memencet jerawat. Lakukan langkah-langkah di atas saat memencet jerawat.

Selain itu, disarankan dr. Valda, Anda dapat menghindari jerawat dengan rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas, hindari sering menyentuh wajah dengan tangan, serta menggunakan masker saat bepergian untuk mencegah kotoran menempel di wajah.(HNS/RVS/klikdokter)


Meski begitu, bukan berarti Anda boleh sembarangan memencet jerawat. Lakukan langkah-langkah di atas saat memencet jerawat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News