7 Penyebab Bibir Kering

7 Penyebab Bibir Kering
Ilustrasi bibir kering. Foto: Shefinds

jpnn.com - Bibir menjadi pusat perhatian lawan bicara ketika Anda berkomunikasi. Karena itu, bila Anda memiliki bibir sering kering bahkan hingga berdarah, tentu akan mengganggu rasa percaya diri Anda. Meski sederhana dan relatif tidak berbahaya, mengapa kondisi ini bisa terjadi ya?

Penyebab bibir sering kering

Bibir Anda memiliki lapisan kulit yang tipis dan transparan yang disebut dengan stratum korneum. Letaknya yang berdekatan dengan pembuluh darah membuat bibir secara alami berwarna pink segar. Itulah sebabnya, sedikit luka atau goresan bisa membuat bibir berdarah. 

Bibir yang kering tentunya membuat Anda tidak nyaman dan tidak enak dipandang. Kondisi ini dapat membuat lapisan bibir terkelupas atau pecah-pecah sehingga akhirnya berdarah karena banyaknya pembuluh darah di dalam bibir. 

Lantas, apa saja penyebab bibir kering? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Dehidrasi

Kurang cairan atau dehidrasi akan memengaruhi sistem organ tubuh, salah satunya kulit. Kulit di seluruh tubuh termasuk bibir akan mengalami kekeringan hingga akhirnya pecah-pecah, terkelupas, dan berdarah. 

2. Kurang vitamin

Karena itu, bila Anda memiliki bibir sering kering bahkan hingga berdarah, tentu akan mengganggu rasa percaya diri Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News