7 Rasa Lapar yang Perlu Diketahui untuk Hindari Penyakit Kronis

7 Rasa Lapar yang Perlu Diketahui untuk Hindari Penyakit Kronis
Seorang penumpang memakan salju untuk mengatasi rasa lapar dan hausnya setelah bus yang ia naiki mogok di Jalan Raya Bhimdatta Pant saat hujan salju lebat di Nepal. (REUTERS/Navesh Chitrakar)

jpnn.com, JAKARTA - Rasa lapar diidentifikasikan sebagai keinginan kuat untuk makan, padahal terkadang rasa lapar dikendalikan oleh pikiran, emosi dan hanya sensasi semata.

Mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat menghindari masalah penyakit kronis, gangguan tidur hingga depresi. Untuk itu penting mengetahui jenis rasa lapar sebelum menyantap seluruh makanan demi memuaskan keinginan semata.

 

Beberapa Jenis Rasa Lapar Menurut Boldsky:

Lapar Pikiran

Lapar pikiran dikaitkan dengan pikiran seseorang sendiri yang sering muncul seperti, "karena hari ini sedih, maka harus makan es krim".

Lapar biasanya dipengaruhi suasana hati dan pikiran. Ini juga mencakup pikiran seperti, "Saya harus menurunkan karbohidrat jadi harus makan lebih banyak protein."

Hal buruk tentang kelaparan pikiran adalah pikiran berubah dan begitu juga preferensi makanan. Pikiran kita sering berubah karena dipengaruhi oleh tips nutrisi dari para ahli atau tips diet, pada akhirnya justru banyak kebutuhan tubuh yang tidak terpenuhi.

Rasa lapar ternyata dipengaruhi tujuh hal, salah satunya disebut dengan lapar pikiran.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News