72 Siswa di Depok Diserang Hepatitis A, Kemenkes Belum Tetapkan KLB

72 Siswa di Depok Diserang Hepatitis A, Kemenkes Belum Tetapkan KLB
Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan siswa dan guru di Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, Jawa Barat, terserang hepatitis A. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum mau terburu-buru menyatakan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, jajarannya masih melakukan upaya penanganan sekaligus pencegahan supaya penyebaran virusnya tidak semakin meluas.

"Enggaklah (belum KLB-red). Kami langsung bertindak. Kan jumlah tidak mempengaruhi itu. Kalau masih terlokalisir kan masih bisa kami tangani. Doakanlah mudah-mudahan, doakan di lingkungan Depok saja. Biar kami cepat bekerja," ucap Terawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (21/11).

Berdasarkan data Kemenkes, jumlah korban terserang penyakit hepatitis A di Depok mencapai 72 orang. Saat ini Kemenkes mengoptimalkan pencegahan, di samping menindaklanjuti kasus yang sudah ada dengan intervensi-intervensi spesialistik.

"Hasil penelusuran yang dilakukan, penderitanya sebanyak 72 kasus. 38 laki-laki, 34 perempuan. Dan ini kasus hepatitis A yang dirawat sebanyak tiga orang. Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah. Nah ini yang kami langsung pantau, langsung datang ke lokasi," kata mantan kepala RSPAD Gatot Subroto ini. (fat/jpnn)

Penyakit hepatitis A menyerang 72 siswa dan guru di Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, Jawa Barat.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News