736 Ribu Guru Honorer Tak Dapat THR, Begini Kata MenPAN-RB

736 Ribu Guru Honorer Tak Dapat THR, Begini Kata MenPAN-RB
Ilustrasi Honorer K2. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menyampaikan alasan 736 ribu guru honorer tidak mendapatkan THR tahun ini.

Ditemui jurnalis di sela-sela acara Leader's Talk di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (25/5), Asman mengaku pemerintah tidak berani mengalokasikan THR bagi honorer guru.

"Karena tidak ada diatur dalam undang-undang. Jadi saya belum berani kalau soal itu," ucap Asman.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih meminta pemerintah memperhatikan nasib 736 ribu guru honorer di seluruh Indonesia.

Sudah selayaknya mereka juga mendapatkan tunjangan hari raya (THR) tahun ini.

Pemerintah juga mestinya mengangkat mereka menjadi CPNS karena faktanya tenaga mereka dibutuhkan dan telah mengabdi puluhan tahun.

“Di saat peraturan pemerintah tentang THR keluar, ingatlah tidak ada THR bagi ratusan ribu guru honorer di luar sana,” ujar Fikri saat kujungan ke Tegal, Jawa Tengah, Jumat.

Fikri menjelaskan bahwa 736 ribu tenaga honorer tidak termasuk dalam skema penerima THR sebagaimana Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2018 tentang Pemberian THR tahun 2018 kepada PNS, TNI/Polri, Pensiunan, dan Penerima Tunjangan yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo.(fat/jpnn)


Sudah selayaknya pemerintah memerhatikan honorer agar juga mendapatkan THR tahun ini


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News