78 Pati TNI AL Mengikuti Tradisi Wisuda Purna Wira 2018

78 Pati TNI AL Mengikuti Tradisi Wisuda Purna Wira 2018
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memimpin upacara tradisi Wisuda Purna Wira (WPW) Tahun 2018 di Lapangan Aru kampus AAL Bumi Moro, Krembangan, Surabaya, Rabu (10/10/2018). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 78 Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut melaksanakan upacara tradisi Wisuda Purna Wira (WPW) Tahun 2018 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Lapangan Aru kampus Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumi Moro, Krembangan, Surabaya, Rabu (10/10/2018). Acara ini sebagai rasa hormat dan penghargaan seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas jasa dan pengabdian yang telah dilakukannya selama bertugas di lingkungan organisasi.

Pada tahun 2018 ini, Pati yang melaksanakan WPW di antaranya mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, mantan Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Widodo, dan mantan Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo.

Upacara tersebut diawali dengan upacara Parade Surya Senja, yaitu penurunan bendera Merah Putih saat matahari terbenam, yang secara khas dilakukan oleh para Kadet Akademi Angkatan Laut. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Purna Wira, serta kemudian penyerahan piagam penghargaan dan ucapan selamat dari Kasal kepada para wisudawan.

78 Pati TNI AL Mengikuti Tradisi Wisuda Purna Wira 2018

Kasal dalam amanatnya menyampaikan penghargaan kepada para purnawirawan TNI AL. “Ini adalah tradisi TNI AL dan nilai luhur yang dijaga. Wisuda purna wira yang diselenggarakan di kawah candradimuka juga menggambarkan pengabdian prajurit samudra yang tidak pernah berakhir meskipun sudah purna bakti. Ibarat ombak laut silih berganti, gelombang yang datang selanjutnya akan lebih besar ketimbang pendahulunya,” ujar Kasal.

Acara WPW dilanjutkan dengan ramah tamah di gedung Maspardi AAL yang diawali dengan sambutan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Soft Launching Peluncuran Buku Kaleidoskop, dan Buku Biografi serta Buku Fondasi Negara Maritim dari Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi kepada Kasal.

Acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan kartu tanda anggota Pepabri yang disampaikan Ketua Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar kepada Laksdya TNI (Purn) Dr. Widodo, kartu tanda anggota Perip, penyerahan kartu tanda anggota PPAL yang disampaikan Ketua PPAL Lakdsya TNI (Purn) Joko Sumaryono kepada Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo dan penyerahan kartu tanda anggota Pipal.

Di akhir prosesi kegiatan wisuda, dilaksanakan pula penyerahan kemudi kapal di atas replika KRI Dewaruci dari perwakilan wisudawan, dalam hal ini mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi kepada perwakilan Perwira Remaja TNI Angkatan Laut angkatan ke-63, Letda Marinir Muhammad Faishal Djruhaei, penerima penghargaan Bintang Adhi Makayasa tahun 2018 sebagai simbolisasi diteruskannya perjuangan dari generasi pendahulu kepada generasi penerus di jajaran TNI Angkatan Laut. Usai pelaksanaan penyerahan simbolis kemudi kapal, kemudian para wisudawan beserta istri berjalan melewati gapura pedang yang menandai berakhirnya masa pengabdian di TNI Angkatan Laut.

Sebanyak 78 Perwira Tinggi TNI AL melaksanakan upacara tradisi Wisuda Purna Wira Tahun 2018 yang dipimpin langsung oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News