JPNN.com

8 Cara Alami Mengatasi Mulut Kering

Sabtu, 16 November 2019 – 04:07 WIB 8 Cara Alami Mengatasi Mulut Kering - JPNN.com

jpnn.com - Air liur ternyata punya peran yang penting bagi tubuh. Selain untuk menetralkan asam di mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri, air liur juga meningkatkan fungsi indra pengecap untuk mendeteksi rasa, mengunyah, dan menelan makanan.

Saat pasokan air liur berkurang, mulut kering pun terjadi. Cara alami ini dapat dilakukan untuk mengatasi mulut kering.

Mulut kering, kok bisa?

Dinukil dari Mayo Clinic, mulut kering, atau dalam istilah medis disebut xerostomia, mengacu pada suatu kondisi saat kelenjar ludah di dalam mulut tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga mulut Anda tetap basah. 

Mulut yang terasa kering bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Salah satu yang paling sering adalah akibat dehidrasi yang muncul akibat demam, keringat berlebih, muntah, diare, dan kehilangan darah. Selain itu, bernapas dengan mulut terbuka saat tidur juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering.

Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan tertentu, usia lanjut, atau sebagai efek terapi radiasi untuk kanker. Jarang sekali, mulut kering disebabkan oleh kondisi yang secara langsung memengaruhi kelenjar ludah.

Kondisi mulut kering kerap dianggap sepele dan tidak ditangani dengan serius. Padahal, minimnya air liur di rongga mulut dapat berdampak besar pada kesehatan gigi dan gusi Anda, serta selera dan kenikmatan makanan Anda.

Selain itu, seperti disampaikan drg. drg. Callista Argentina dari KlikDokter, mulut kering bisa menyebabkan bau mulut yang membuat Anda tidak percaya diri. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...