8 Hari ke Depan, Jokowi Blusukan ke Luar Negeri

Hadiri KTT APEC, KKT ASEAN dan KTT G-20

8 Hari ke Depan, Jokowi Blusukan ke Luar Negeri
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mulai hari ini (Sabtu, 8/11) hingga 16 November nanti, Presiden Joko Widodo akan memulai blusukan ke luar negeri. Presiden bakal didampingi First Lady Iriana Widodo, beserta rombongan kecil yang berisi Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dan sejumlah wartawan.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto menjelaskan, negara pertama yang akan dikunjungi Presiden adalah Tiongkok, tepatnya di Beijing. Di sana, Jokowi bakal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacifik Economic Cooperation (APEC).

"Di KTT APEC itu, Presiden Jokowi akan menyampaikan pandangannya mengenai pembangunan infrastruktur di kawasan Asia. Beliau akan lebih mengedepankan pembangunan infrastruktur Asia, yang merupakan program bersama antara pemerintah Tiongkok dengan negara-negara ASEAN, ditambah 10 negara lainnya, jadi ada sekitar 20an negara yang terlibat di sana,” kata Andi kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (7/11).

Selain itu, selama di Beijing, Presiden Jokowi juga akan bertemu dengan sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan. “Mungkin Pak Jokowi akan bertemu dengan Presiden Rusia, Presiden AS, dan akan ditemui secara khusus Presiden Tiongkok," beber Andi.

Selepas dari RRT, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Nay Pyi Taw, Myanmar, guna menghadiri KTT ASEAN. Selama di Myanmar, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan menghadiri pertemuan ASEAN dengan mitra ASEAN serta KTT Asia Timur.

Setelah dari Myanmar, Presiden Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Brisbane, Australia, guna menghadiri KTT G-20. Selain menghadiri KTT G-20, selama di Brisbane, Presiden Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbot, dan PM Spanyol Mariano Rajoy.

"Rombongan Presiden akan kembali ke tanah air pada Minggu (16/11) pekan depan,” pungkas Andi. (adk/jpnn)


JAKARTA - Mulai hari ini (Sabtu, 8/11) hingga 16 November nanti, Presiden Joko Widodo akan memulai blusukan ke luar negeri. Presiden bakal didampingi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News