8 Minuman Probiotik yang Bisa Dibuat di Rumah, Catat Resepnya

8 Minuman Probiotik yang Bisa Dibuat di Rumah, Catat Resepnya
Minuman probiotik rumahan. Foto: naturallivingideas

jpnn.com - Menjaga kesehatan usus bisa dilakukan tanpa mengonsumsi obat atau suplemen apapun. Cukup minum minuman probiotik yang mengandung bakteri menguntungkan bagi tubuh. Selain itu, minuman probiotik juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan otak.

Kesehatan usus yang buruk bisa menjadi penyebab infeksi kulit yang berulang. Daripada menggunakan krim untuk mengobati ruam, tingkatkan kesehatan usus dan kulit dengan mengonsumsi minuman probiotik. 

Berikut adalah beberapa minuman probiotik yang bisa dibuat di rumah, seperti dilansir laman Care2.

1. Susu almond

Minuman ini cukup mudah dibuat dan bisa dijadikan sebagai smoothie atau bahkan meminumnya sendiri setiap pagi. Resepnya tidak membutuhkan banyak bahan. Anda hanya membutuhkan almond mentah, garam laut, air, bubuk probiotik dan stevia bebas alkohol.

2. Lemonade lacto-fermentasi

Minuman bersoda ini mudah disiapkan dan terjangkau. Pastikan Anda menggunakan lemon segar saat menyiapkannya. Jus botol mengandung aditif yang bisa merusak proses fermentasi.

3. Kombucha

Daripada menggunakan krim untuk mengobati ruam, tingkatkan kesehatan usus dan kulit dengan mengonsumsi minuman probiotik rumahan yang aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News