JPNN.com

8 Penyebab Anda Mood Swing

Selasa, 23 April 2019 – 23:10 WIB 8 Penyebab Anda Mood Swing - JPNN.com

jpnn.com - Pernah tiba-tiba merasakan sedih yang mendalam, meski Anda sedang berada dalam kondisi normal? Jika ya, mungkin Anda mengalami mood swing. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari hal yang remeh sampai yang benar-benar berat.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, dalam skala yang wajar, perubahan emosi dapat disebabkan oleh beberapa hal. “Misalnya, masalah dalam rumah tangga, percintaan, pertemanan, pekerjaan, dan keuangan, kurang tidur, akan memasuki masa menstruasi (sindrom pramenstruasi), sedang hamil, atau sedang memasuki masa pramenopause," ujar dr. Karin.

Akan tetapi, bila dilihat lebih jauh, ada beberapa kondisi hal yang menyebabkan Anda mengalami mood swing.

1. Gangguan bipolar

Menurut dr. Karin, apabila perubahan emosi atau mood swing terjadi terlalu sering – apalagi dalam tingkat yang berlebihan hingga mengganggu diri dan orang lain – perlu  dicurigai bahwa Anda mengalami gangguan bipolar. Untuk memastikan hal ini, Anda dapat menemui dokter atau psikolog.

2. Kurang tidur

Otak dan tubuh Anda pulih dari beragam peristiwa saat Anda tidur. Jika Anda tidak cukup istirahat, tubuh tidak akan sepenuhnya segar. Jadi, ketika Anda kekurangan tidur, sangat mungkin Anda merasa rewel. Anda juga cenderung membuat pilihan yang buruk sepanjang hari, dan mungkin membentak orang lebih sering.

3. Gula darah rendah

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...