JPNN.com

8 Penyebab Jam Biologis Tubuh Terganggu

Senin, 04 Mei 2020 – 21:28 WIB
8 Penyebab Jam Biologis Tubuh Terganggu - JPNN.com

jpnn.com - Setiap jaringan dan organ dalam tubuh manusia mempunyai jam biologisnya sendiri. Jam biologis tubuh ini dikenal sebagai ritme sirkadian.

Ritme sirkadian bertanggung jawab tidak hanya untuk mengendalikan pola tidur, tetapi juga menentukan suhu tubuh, tekanan darah, dan hormon.

Dalam keadaan sehat, tubuh menjaga jadwal tidur dan makan secara teratur sesuai jam normal. Saat pagi hari, suhu tubuh akan meningkat sehingga membuat Anda terbangun. Sedangkan di malam hari tubuh lebih banyak untuk tidur.

Namun, saat jam tubuh terganggu karena suatu hal, ritme sirkadian alami tubuh bisa melambat atau semakin cepat. Hal ini pada akhirnya akan mengganggu kesehatan Anda.

Penyebab Jam Biologis Tubuh Terganggu

Ada sejumlah kebiasaan maupun kondisi medis yang dapat membuat ritme sirkadian atau jam biologis tubuh terganggu. Berikut di antaranya:

  1. Kerja shift
  2. Kehamilan
  3. Perubahan zona waktu
  4. Obat-obatan
  5. Perubahan dalam rutinitas, seperti sering begadang atau jam tidur yang tak menetap
  6. Masalah medis, termasuk penyakit Alzheimer atau Parkinson
  7. Masalah kesehatan mental
  8. Menopause

Kegagalan untuk beradaptasi dengan waktu normal tubuh menyebabkan jam biologis tubuh terganggu. Hal ini kemudian berdampak terhadap kesehatan mental dan fisik Anda.

Usahakan beristirahat dengan cukup dan teratur, terutama di malam hari, agar penyakit berbahaya tidak menyerang tubuh Anda.(FY/RS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy