JPNN.com

8 Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lelah

Jumat, 18 Oktober 2019 – 04:43 WIB 8 Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lelah - JPNN.com

jpnn.com - Lelah setelah 8,5 jam bekerja di kantor memang wajar. Namun kalau yang terjadi Anda selalu merasa lelah atau kelelahan padahal sudah tidur cukup, itu patut dicurigai. Pasalnya, ada penyebab yang serius yang harus segera mendapatkan penanganan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa Anda sering atau selalu merasa lelah.

1. Anemia

Anemia atau kurang darah adalah salah satu kondisi yang paling sering dihubungkan dengan rasa lelah yang berlebihan. Biasanya, kelelahan juga disertai dengan gejala lainnya seperti sulit konsentrasi akibat kurangnya suplai oksigen ke otak, sering mengantuk, dan selalu terlihat pucat.

“Penderita anemia umumnya merasa cepat lelah dan ‘berat’ saat ingin menggerakkan anggota tubuh. Kondisi ini paling rentan terjadi pada wanita yang mengalami perdarahan haid berlebihan (menoragia), memiliki mioma rahim, polip rahim, atau wanita hamil,” jelas dr. Fiona Amalia, MPH, dari KlikDokter.

Meski demikian, anemia juga bisa dialami oleh pria maupun wanita, misalnya usai memasuki menopause akibat masalah pada lambung dan usus, atau akibat mengonsumsi obat antinyeri golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

2. Diabetes

“Lemas dan sering merasa lelah merupakan keluhan yang juga sering dilontarkan oleh para penderita diabetes. Biasanya, kondisi ini akan muncul dengan gejala lainnya, terutama sering berkemih pada malam hari dan sering merasa kesemutan,” kata dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, dari KlikDokter turut menambahkan saat diwawancara.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...