80 Persen Sudah Serahkan Data

Evaluasi Daerah Pemekaran

80 Persen Sudah Serahkan Data
80 Persen Sudah Serahkan Data
JAKARTA -- Sebanyak 164 dari 205 daerah otonom baru hasil pemekaran sudah menyerahkan data-data kepada tim evaluasi daerah pemekaran yang dibentuk Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Data yang dikirim berdasar kuisioner yang dibuat oleh tim evaluasi ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi yang ditargetkan kelar awal april 2010. Data dari daerah induk juga akan dijadikan bahan pembanding.

"Hingga hari ini, data yang masuk sudah 80 persen. Nantinya akan kita buat skoring," ujar Direktur Pengembangan Kapasitas dan Evaluasi Kinerja Daerah Kemendagri, Kartiko Purnomo di kantorya, Senin (8/3).

Kartiko menjelaskan, data-data yang ditanyakan dalam kuisioner yang dibuat tim, sudah cukup untuk bahan evaluasi. Data-data yang harus dikirim oleh daerah baru itu, nantinya untuk mengukur empat hal. Pertama, untuk melihat ada tidaknya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kedua, untuk melihat sejauh mana good governance sudah tercipta, yakni dilihat dari aspek transaparansi dan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan.

Ketiga, untuk melihat bagaimana ketersediaan pelayanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, balita gizi buruk, dan lain-lain. Keempat, meningkat tidak daya saing daerah, misal sejauh mana kemudahan bagi investor, apa yang dilakukan daerah dalam menarik investor, sarana dan prasarana, dan sebagainya. Data-data harus data resmi, yang diisi oleh sekda dan ketua bappeda.

JAKARTA -- Sebanyak 164 dari 205 daerah otonom baru hasil pemekaran sudah menyerahkan data-data kepada tim evaluasi daerah pemekaran yang dibentuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News