80 Ribu Turis Diprediksi Banjiri Puncak Capgome Singkawang

80 Ribu Turis Diprediksi Banjiri Puncak Capgome Singkawang
Ilustrasi Capgome. Foto: Kemenpar

jpnn.com, SINGKAWANG - Festival Capgome 2018 menjadi stimulan perekonomian Singkawang, Kalimantan Barat, yang dahsyat.

“Perayaan Capgome acara puncaknya akan digelar 2 Maret. Namun, kita lihat sendiri dampaknya terhadap perekonomian sudah bisa dilihat sejak awal," kata Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Sapto Haryono, Kamis (1/3).

Festival Capgome 2018 Singkawang berakhir Jumat (2/3). Menu penutupnya pun sangat spesial, yaitu festival tatung.

“Kalau dilihat dari euforia dan kemeriahan wisatawan itu sudah tampak pengaruh positifnya. Hanya tinggal peran unsur penthelix dari semua pihak di Singkawang untuk terus menjaga daya tarik wisata pascaevent ini selesai,” tambah Sapto.

Di sisi lain, Kementerian Pariwisata menjadi salah satu pendukung konser Rossa pada 25 Februari lalu.

Puluhan ribu penonton memadati Stadion Kridasana, Singkawang. Suara mereka riuh ikut bernyanyi sambil merekam aksi Rossa dengan kamera handphone.

“Kehadiran Rossa di Singkawang bentuk support Kementerian Pariwisata. Upaya ini ternyata berhasil. Festival Capgome tahun ini semakin semarak,” imbuh Sapto. Sapto mengatakan, pentahelix merupakan jurus lima unsur yang Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai penentu kesuksesan pariwisata.

“Rumusnya ABCGM, academician, business, community, government, media. Lima unsur itu harus kompak, saling support, membangun iklim pariwisata yang kondusif dan tentunya berkelanjutan," ujar Sapto.

Festival Capgome 2018 menjadi stimulan perekonomian Singkawang, Kalimantan Barat, yang dahsyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News