81,6 Persen Puas, Publik Ingin Program Jokowi Dilanjutkan

81,6 Persen Puas, Publik Ingin Program Jokowi Dilanjutkan
Momen Presiden Jokowi bersama dua kandidat Capres 2024, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Foto/dok: Tim Media

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf mencapai rekor tertinggi. Temuan survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan sebanyak 81,6 persen publik yang merasa puas terhadap Jokowi.

Di antaranya 12,0 persen bahkan menyatakan sangat puas dipimpin oleh Jokowi. Hanya 17,4 persen yang merasa tidak puas, termasuk 0,6 persen saja yang menyatakan tidak puas sama sekali, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab sebanyak 1,0 persen.

Kepuasan publik terus meningkat sejak awal tahun, hingga menembus batas psikologis 80 persen pada survei bulan Juni 2023 dan kini mencatatkan rekor baru.

Tingginya tingkat kepuasan terjadi menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Jokowi untuk periode kedua.

Hal tersebut mengisyaratkan tingginya pula harapan publik terhadap keberlanjutan program setelah Jokowi tidak lagi menjabat.

Publik menginginkan agar kepemimpinan nasional hasil Pemilu 2024 mendatang bisa terus melanjutkan pembangunan yang telah dirintis oleh Jokowi.

“Rekor kepuasan publik yang mencapai 81,6 persen menandai tingginya harapan publik akan keberlanjutan program Jokowi pasca-2024,” ungkap peneliti senior CPCS Hatta Binhudi dalam press release di Jakarta pada Senin (4/9).

Menurut Hatta, wacana keberlanjutan program Jokowi tecermin dalam peta konstelasi menuju pencapresan dan koalisi partai-partai.

Temuan survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan sebanyak 81,6 persen publik yang merasa puas terhadap Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News