87 Kambing Sakit, 311 Ekor Tak Layak Qurban

87 Kambing Sakit, 311 Ekor Tak Layak Qurban
87 Kambing Sakit, 311 Ekor Tak Layak Qurban
PONTIANAK - Sebanyak 87 ekor kambing di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dinilai tidak layak qurban karena sakit. Sebanyak 311 ekor kambing kondisinya sehat, tetapi tidak layak dijadikan qurban. Kondisi itu diketahui setelah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar melakukan pengawasan peredaran dan pemotongan hewan qurban tiga hari sebelum Iduladha di dua daerah tersebut.

“Rata-rata hewan yang tidak layak kurban tersebut menderita sakit mata,” Kata Kepala Disnakeswan Kalbar, Abdul Manaf Mustafa.

Hewan yang sehat tetapi tidak layak dijadikan hewan kurban, kata Manaf diberi tanda kuning di tanduknya. Dan hewan yang masuk dalam kategori sehat dan layak dijadikan hewan kurban diberi tanda putih, sebanyak 60 ekor sapi dan 449 ekor kambing.

“Kemungkinan karena perjalanan saat hewan tersebut diangkut, ada satu ekor yang sakit kemudian menular ke yang lain. Atau pun karena cuaca yang saat ini tidak menentu,” tambahnya.

PONTIANAK - Sebanyak 87 ekor kambing di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dinilai tidak layak qurban karena sakit. Sebanyak 311 ekor kambing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News