88 Desa Tak Ada Jaringan Listrik

88 Desa Tak Ada Jaringan Listrik
PLN. Foto: dok jpnn

jpnn.com - jpnn.com - Rasio elektrifikasi penggunaan listrik di wilayah PLN Ranting Ruteng yang membawahi Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, masih tergolong rendah. Padahal, potensi daya dinilai cukup memadai.

Namun, persoalan itu akan segera berakhir dengan program seratus persen desa berlistrik dari pemerintah pusat.

Kepala PLN Ruteng, I Made Dhanu Wijaya kepada Timor Express, Rabu (15/2) mengatakan, tahun anggaran 2017 ada program dari pemerintah pusat yakni program 100 persen desa berlistrik. Saat ini pihaknya masih melakukan survei lapangan dan gambar.

"Kami ditugaskan untuk survei lapangan dan gambar. Kegiatan survei sudah hampir rampung, tinggal tiga atau empat desa yang belum," katanya.

Atau kegiatan survei sudah mencapai 98 persen sesuai dengan yang ditargetkan.

Dari hasil survei lapangan kata Made, ditemukan sebanyak 88 desa di Kabupaten Manggarai belum ada sama sekali jaringan listrik, sehingga program pemerintah direncanakan berlangsung mulai tahun 2017.

Semenatara, untuk Kabupaten Manggarai Timur sebanyak 144 desa yang belum ada jaringan listrik. Akibatnya, rasio elektrifikasi masih sangat rendah yakni baru 42 persen.

"Rasio elektrifikasi saat ini 42 persen, total 49 persen termasuk listrik swadaya seperti PLTS," katanya.

Rasio elektrifikasi penggunaan listrik di wilayah PLN Ranting Ruteng yang membawahi Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, masih tergolong rendah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News