9 Efek Samping Mengonsumsi Tomat Bagi Kesehatan

9 Efek Samping Mengonsumsi Tomat Bagi Kesehatan
Tomat hasil panen petani di Karo, Sumatera Utara. Foto: humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Buah tomat menawarkan beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, peremajaan kulit, dan meningkatkan metabolisme.

Namun, bila dimakan berlebihan, tentu saja, tomat menyebabkan efek samping tertentu yang buruk bagi tubuh.

Berikut ini beberapa efek samping tomat bila dikonsumsi secara berlebihan, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (29/12).

1. Acid Reflux / Heartburn

Tomat bersifat asam, dan bisa menyebabkan mulas. Tomat dikemas dengan asam malat dan sitrat dan bisa membuat perut memproduksi asam lambung yang berlebihan. Tomat dan saus tomat juga terdaftar sebagai beberapa makanan yang bisa memicu refluks. Tomat juga bisa memperburuk gejala GERD (penyakit gastroesophageal reflux). Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, yang terbaik adalah menghindari makanan asam seperti tomat untuk menghindari gejala asam lambung.

2. Alergi dan Infeksi

Gejala alergi tomat paling sering terjadi segera setelah buah ini dikonsumsi. Ini termasuk gatal-gatal, ruam kulit, eksim, batuk, bersin, sensasi gatal di tenggorokan, dan pembengkakan pada wajah, mulut, dan lidah. Menurut sebuah penelitian di Polandia, tomat mengandung senyawa yang disebut histamin yang bisa menyebabkan reaksi alergi tertentu.

Tomat juga bisa menyebabkan dermatitis kontak alergi - di mana kulit Anda menjadi sangat gatal dan bengkak setelah menyentuh buah berwarna merah ini. Tomat juga bisa menyebabkan bibir gatal. Reaksi alergi lain yang mungkin terjadi karena tomat adalah bercak merah di sekitar alis dan kelopak mata.

Tomat bila dimakan berlebihan bisa menyebabkan efek tertentu yang buruk bagi tubuh.