Sederet Kandungan Gizi Yang Ada Pada Tomat

Sederet Kandungan Gizi Yang Ada Pada Tomat
Tomat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Tomat yang berasal dari Amerika Selatan ini pertama kali digunakan masyarakat Aztek (pendahulu bangsa Meksiko) untuk memasak. Tomat yang memiliki rasa umami ini bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari salad, saus, minuman, hingga makanan.

Tomat yang memiliki nama ilmiah  Solanum lycopersicum ini memiliki beragam jenis seperti yang bisa Anda temukan di pasaran. Misalnya tomat biasa, tomat ceri, beefsteak tomato, tomat gondol, tomat hijau, dan lain-lain.

Bila rutin menyertakan tomat ke dalam menu makan harian, apa saja kandungan gizi tomat yang bisa Anda nikmati?

Deretan kandungan gizi dalam tomat

Sebagian besar tomat (95 persen) terdiri dari air, sementara 5 persen sisanya terdiri dari karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. 

Dalam satu buah tomat berukuran sedang, terkandung 20 kalori (tomat memang memiliki kalori yang rendah), 1,2 gram serat, dan 5 gram karbohidrat. 

Serat yang terkandung di dalam tomat adalah serat larut yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Tomat adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menghalau radikal bebas. Radikal bebas diketahui dapat merusak sel dan jaringan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Dengan begitu besarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan gizi tomat, rasanya sayang bila melewatkan tomat dalam menu makan sehari-hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News